July 22, 2015

Warna Cahaya

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Warna dihasilkan dari cahaya yang merambat melalui spektrum yang kemudian dibiaskan ke mata kita. Paket cahaya yang disebut spektrum kemudian dipersepsikan secara visual oleh indera penglihatan sebagai warna.

Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.

Cahaya datang dalam berbagai warna (terkait temperatur) yang secara manual ditentukan oleh mata kita akan tetapi tidak pada kamera. Temperatur dari cahaya ditentukan oleh sumber cahaya pada kasus sinar matahari (posisi matahari). Sebagai contoh kisaran dari temperatur dingin (biru) hingga temperatur panas (merah).

1. Cahaya Kilat (Flash)

Flash Lighting

Title :Flash Lighting dari Samping

Source :http://www.adorama.com/alc/0012239/article/Portable-Flash-Light-Modifiers
Flash Lighting

Title : Flash Lighting dari Depan

Source : http://www.adorama.com/alc/0012239/article/Portable-Flash-Light-Modifiers

Cahaya yang berasal dari flash merupakan tipe cahaya yang mendekati cahaya murni putih seperti tampak kita melihat. Cahaya yang dihasilkan flash lebih mendominasi berwarna putih. Cahaya ini dihasilkan dari flash body maupun flash external sebagai bantuan cahaya tambahan.

2. Cahaya Pijar (Incandescent)

Cahaya Pijar

Title : Insane Capture

Source : http://www.flickr.com/photos/insane_capture/4382694472/

Cahaya Incandescent merupakan istilah yang dipergunakan untuk menyatakan terhadap cahaya yang berasal dari lampu pijar. Jenis cahaya ini pada umumnya akan menghasilkan warna hangat yaitu mengarah ke warna merah.

3. Cahaya Matahari Tengah Hari (Mid Day)

Cahaya Siang Hari

Title :Midday Star

Credits :Joshbenoit
Source :http://fc09.deviantart.net/fs71/i/2013/092/6/7/midday_star_by_joshbenoit-d605qbc.jpg

Cahaya yang dihasilkan oleh matahari ketika tengah hari merupakan cahaya tipe dingin yang relatif memiliki warna mengarah ke putih dan biru.

4. Cahaya Matahari Pagi dan Sore

Cahaya Pagi Hari

Title :Morning Mist Mountain Sunrise

Source :http://best-wallpapaer.net
Cahaya Sore Hari

Title :Sunsite

Credits :Bagdad
Source :http://pichost.me/1537038/
Cahaya matahari yang dihasilkan ketika pagi saat sunrise dan ketika sore hari saat sunset merupakan cahaya yang bersifat dramatis, menghasilkan rona jauh lebih hangat. Hal ini dimana keseimbangan warna putih (white balance) bermain disini. Kita perlu mengatakan kepada kamera untuk menyesuaikan warna cahaya. Warna putih selalu menjadi berwarna putih di mata kita akan tetapi kamera kita sering melihat warna putih yang berisyarat dengan warna biru atau merah. Untungnya kita sekarang ini dengan kemajuan teknologi, kamera kita sudah terdapat menu otomatis untuk keseimbangan warna putih.

Sebaliknya, fitur ini tidak selalu bekerja secara semestinya dengan baik. Sehingga kita perlu dan dapat mengaturnya dengan memilih mode preset white balance seperti (sunlight, shade, tungsten/indoor, dan lainnya). Atau pula kita bisa mengaturnya untuk menyesuaikan secara manual  saat post-processing dengan menggunakan aplikasi foto seperti Lightroom, Photoshop, iPhoto dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Recent

[3][recent][recent][Recent]

Popular Posts

Advertise

340x300