July 21, 2015

Mengenal Arah Cahaya

Cahaya pada fotografi adalah elemen yang penting dalam menciptakan foto yang berkualitas. Cahaya yang dipergunakan bisa dari berbagai sumber cahaya yang secara umum dibedakan menjadi cahaya alami dan cahaya buatan. Untuk lebih memahami arah cahaya berikut arah dan penjelasannya :

Title :Arah Cahaya

1. Cahaya Depan

Cahaya Depan

Title :Cahaya Depan

3/4 Cahaya Depan

Title :3/4 Cahaya Depan


Cahaya depan atau disebut juga Front Lighting adalah sumber cahaya yang didapat atau berasal dari depan objek foto kita, memotret dengan sumber cahaya tersebut sangat lah mudah digunakan apalagi bagi pemula ataupun seseorang yang bahkan belum pernah memotret sebelumnya. atas dasar inilah kenapa pada era kamera digital modern seperti saat ini, hampir semua kamera memasangkan atau menambahkan fungsi flash di dalam bodi kamera (build in) dengan tujuan semua bisa menggunakannya semudah mungkin dengan hasil yang sangat bagus.

Adapula cahaya depan yang dipergunkan tidak secara langsung kepada objek yang disebut dengan 3/4 Cahaya depan atau Rembrant Lighting yang hampir mirip dengan cahaya dari samping. Arah cahayanya lurus ke depan namun fokus cahaya tidak dipergunakan tidak langsung pada objek foto.

2. Cahaya Samping

Cahaya Samping

Title :Cahaya Samping


Cahaya samping atau juga disebut dengan Side Lighting merupakan sumber cahaya yang menurut saya adalah sumber cahaya terbaik yang pernah ada, alasannya karena dengan sumber cahaya ini kita atau khususnya saya bisa menghasilkan gambar atau foto dengan tingkat kontras yang tinggi dan hasil yang lebih dramatis. Cahaya samping bisa datang dari sebelah kiri maupun kanan ataupun keduanya.

3. Cahaya Belakang

Cahaya Belakang

Title :Cahaya Belakang


Cahaya belakang atau Back Lighting adalah cahaya yang bisa didapatkan dari belakang, dimana posisi objek mebelakangi sumber cahaya, sumber atau jenis cahaya belakang sangatlah sering digunakan untuk memotret sebuah landscape dengan latar belakang sunrise atau sunset, dan didunia modeling sumber cahaya dari belakang digunakan untuk menampilkan sebuah garis atau line dari objek sehingga menimbulkan efek yang elegant dan natural.

4. Cahaya Atas

Cahaya Atas

Title :Cahaya Atas

Sumber Cahaya daari atas atau biasa juga disebut Top Lighting adalah sumber cahaya yang menempatkan objek dibawah sumber cahaya itu sendiri, dengan berkembangnya dunia fotografi saat ini, yang dimana didominan oleh jenis fotografi Potrait, untuk mengenal jenis-jenis fotografi dengan memanfaatkan sumber cahaya dari atas bisa menampilkan hasil yang maksimal dari segi detail objek dan efek dramatis yang didapat.

5. Cahaya Bawah

Cahaya Bawah

Title :Cahaya Bawah

Cahaya bawah atau under lighting adalah cahaya yang datang dari arah bawah objek foto. Penggunaan cahaya bawah akan memberikan efek dramatis pada objek.

Dari jenis arah cahaya yang saya ulas diatas, telah terjadi beberapa improve atau modifikasi dari tata letak sumber cahaya tersebut, sehingga tidak ada batasan untuk kita dalam menentukan bagaimana arah cahaya yang kita inginkan, sehingga kita dituntut untuk terus berimprove dalam menentukan jenis arah cahaya, bahkan kita bisa menggabungkan beberapa sumber cahaya dari berbagai arah

No comments:

Post a Comment

Recent

[3][recent][recent][Recent]

Popular Posts

Advertise

340x300