July 21, 2015

Apa itu Fotografi?

Fotografi adalah suatu seni melukis dengan cahaya. Fotografi ini merupakan bidang keilmuan tentang mengabadikan bagian kehidupan menjadi sebuah bagian gambar yang disebut dengan frame. Kata "Fotografi" berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu "photos" yang berarti Cahaya dan "Grafo" yang berarti Melukis/menulis. Terkait dengann pengertiannya maka untuk menghasilkan sebuah foto diperlukan pencahayaan. Karena tanpa adanya cahaya, tidak ada pula gambar yang terlihat atau dihasilkan. Oleh sebab itu dalam fotografi, cahaya memiliki peranan yang sangat penting.

Title : Angkit Puja

Credits : Soumen Nath
Source : http://www.soumennath.com/
Hal lain selain cahaya yang terkait dengan fotografi adalah kamera, sebuah alat bantu untuk menghasilkan gambar. Kamera di jaman modern sekarang ini bisa membuat kita bingung memilihnya karena sudah dikembangkan dan diproduksi berbagai tipe dan jenis kamera dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pabriknya dari harga yang umum hingga harga yang wow.

Secara umum kamera sudah diproduksi dengan pelengkapnya yaitu lensa. Lensa pun sekarang ini ada banyak pilihan yang mungkin bisa kita sesuaika dengan isi kantong dan kebutuhan profesi kita. Namun demikian walaupun kemajuan kamera dan pelengkapnya semakin tahun semakin banyak dan bertambah, saya yakini kamera adalah alat bukan tujuannya dari fotografi. Sehingga jikapun kita mungkin membeli yang bagus dan mahal tidaklah jadi kendala, namun jika isi dompet terbatas kamera yang kita bisa miliki sesuai dengan kemampuan kita pun bisa menghasilkan foto-foto yang bagus.

No comments:

Post a Comment

Recent

[3][recent][recent][Recent]

Popular Posts

Advertise

340x300