July 21, 2015

Elemen Komposisi pada Fotografi

Elemen elemen dari objek dalam fotografi memungkinkan kita untuk memilih komposisi yang sesuai agar bisa dipergunakan pada menciptaan foto yang menarik dan bermakna. Berikut ini beberapa elemen dalam komposisi fotografi.
  1. Background / Latar Belakang.


  2. Balance / Keseimbangan


  3. Color / Warna.

    Title :Title

    Credits :Peter Kirk
    Source :http://www.betterphoto.com/gallery/dynoGallDetail.asp?photoID=3505516
    Warna memberikan sebuah kesan yang elegan dan dinamis pada sebuah foto apabila dikomposisikan dengan baik. Kadang kala komposisi warna dapat pula memberikan kesan anggun serta mampu dengan sempurna memunculkan “mood color” (keserasian warna) sebuah foto terutama pada foto – foto “pictorial” (Foto yang menonjolkan unsur keindahan)
  4. Depth / Kedalaman.


  5. Direction of Movement


  6. Fill the Frame.


  7. Framing / Membingkai


  8. Golden Ratio / Rasio Emas

    Title ::Golden Ratio

    Credits :
    Source :

    Title :Golden Ratio

    Credits :
    Source :

    Title :

    Credits :Jakegarn
    Source :http://jakegarn.com/the-rule-of-thirds/
  9. Golden Triangles and Spirals

    Title :Golden Triangles and Spiral

    Credits :
    Source :
  10. Leaving Space / Menghilangkan Kekosongan


  11. Light

    Title :

    Credits :Mostafa Meraji
    Source :
  12. Lines / Garis.

    Title :

    Credits :Loving Earth
    Source :
    Komposisi ini terbentuk dari pengemasan garis secara dinamis baik garis lurus, melingkar / melengkung. Biasanya komposisi ini bisa menimbulkan kesan kedalaman dan kesan gerak pada sebuah objek foto. Ketika garis-garis itu digunakan sebagai subjek, yang terjadi adalah foto menjadi menarik perhatian. Tidak penting apakah garis itu lurus, melingkar atau melengkung, membawa mata keluar dari gambar. Yang penting garis-garis itu menjadi dinamis.
    1. Horizontal
    2. Vertical
    3. Diagonal
  13. Orientation / Orientasi.


  14. Patterns


  15. Rule of Odds


  16. Rule of Thirds.

    Title :

    Credits :Trey
    Source :http://www.photographymad.com/pages/view/10-top-photography-composition-rules
    Rule of Thirds didapat dengan membagi bidang foto dalam tiga bagian vertikal dan tiga bagian horisontal. Elemen-elemen foto dipasang pada garis2-garis pembagi itu.
  17. Symmetry / Simetris

  18. Shape / Bentuk

    Title :

    Credits :Alexandro Pinna
    Source :http://www.flickr.com/photos/alessandropinna/1423128740/in/photostream
    Komposisi ini biasanya dipakai fotografer untuk memberikan penekanan secara visual kualitas abstrak terhadap sebuah objek foto. Biasanya bentuk yang paling sering dijadikan sebagai komposisi adalah kotak dan lingkaran.
  19. Simplification.


  20. Texture / Tekstur.

    Yaitu tatanan yang memberikan ksan tentang keadaan prmukaan suatu benda (halus, kasar, beraturan, tidak beraturan, tajam, lembut,dsb). Tekstur akan tampak dari gelap terang atau bayangan dan kontras yang timbul dari pencahayaan pada saat pemotretan.
  21. Viewpoint / Sudut Pandang.

    Yaitu pengomposisian objek dengan memperhatikan sudut pengambilan foto dari kamera berasarkan cara pandangnya yang antara lain sebagai berikut :
    1. Eye Level yaitu pemotretan dengan cara pandang normal setinggi mata manusia memandang.
    2. Frog Level yaitu pemotretan dengan cara pandang katak. Pengambilan objek foto dari sudut pandang katak akan memberi kesan objek tersebut terasa lebih tinggi, megah, kokoh, dll.
    3. Bird Level yaitu pemotretan dengan cara pandang burung. Pengambilan foto dari atas mengarah ke bawah. Biasanya hal ini memberi kesan atau menciptakan foto agar terlihat lebih luas.
  22. Contrast / Gelap dan Terang.

    Komposisi ini sebenarnya dipakai oleh fotografer pada era fotografi analog masih berkembang pesat terutama pada pemotretan hitam putih. Namun, sekarang ini, ditengah – tengah era digital komposisi ini mulai diterapkan kembali. Kini pengkomposisian gelap dan terang digunakan sebagai penekanan visualitas sebuah objek. Kita dapat menggunakan komposisi ini dengan baik apabila kita mampu memperhatikan kontras sebuah objek dan harus memperhatikan lingkungan sekitar objek yang dirasa mengganggu yang sekiranya menjadikan permainan gelap terang sebuah foto akan hilang.

No comments:

Post a Comment

Recent

[3][recent][recent][Recent]

Popular Posts

Advertise

340x300