February 23, 2014

Sejarah Fotografi

Menurut catatan sejarah, fotografi bermula dari penemuan yang dilakukan oleh Leonardo Da Vinci dalam menghasilkan karya lukis dengan bantuan cahaya pada kotak gelap (black box). Dia menggunakan refleksi benda untuk melukis objeknya yang masuk ke dalam kotak tersebut dan merefleksikan benda tersebut sehingga bisa digambarkan pada sebuah kanvas lukis. Teknik tersebut kemudian dikembangkan lagi dalam sebuah alat untuk merekam objek dan kegiatan yang sedang dilakukan yang sekarang kita sebut dengan istilah kamera.


Tidak seperti kamera yang Nampak sekarang ini, kamera dahulu berbentuk kotak yang didalamnya terdapat lensa dan tempat memasukkan kertas rekam (sekarang menggunakan klise). Pencahayaan bantuan mempergunakan bubuk mesiu untuk menghasilkan kilatan. Fotografi pada jaman serba terkait dengan komputerisasi menjadi lebih maju. Yang dulunya hanya menggunakan peralatan mekanis, sekarang beralih menuju serba digital. Penyimpaan klise biasanya terbatas menghasilkan foto hanya maksimal dalam 1 roll film berkisar 36 – 38 (+bonus) digantikan system memori yang bisa memuat lebih dari ribuan frame foto. Pengaturan cahaya yang tepat dulunya lebih menggunakan insting dan pengalaman, sekarang diperbantu oleh kemampuan pengaturan otomatis oleh kamera. Dengan kata lain anak-anak pun sekarang bisa mempergunakan kamera serta menghasilkan foto yang bagus.

Dari hal tersebut, banyak sekali penemuan-penemuan yang menjadikan peralatan fotografi semakin maju seperti penemuan aluminum alloy dan plastik pengganti bahan body kamera dari besi, penemuan memori pengganti klise, penemuan baterai Litium yang lebih tahan lama pengganti baterai sekali pakai, system digital pengganti system mekanis yang lebih banyak penggunaan energy baterai, penemuan lensa dan kamera system auto focus menggantikan system manual, penemuan image stabilizer / vibrate reduction sebagai pengurang blur karena getaran kamera serta banyak lagi penemuan lainnya yang membantu perkembangan alat fotografi.

No comments:

Post a Comment

Recent

[3][recent][recent][Recent]

Popular Posts

Advertise

340x300