February 23, 2014

Memahami Peralatan Fotografi


Peralatan fotografi sekarang ini banyak sekali diperjual belikan. Semakin ke depan, semakin berkembang maka peralatan baru mulai bermunculan. Ada yang bertanya :
Haruskah saya membeli alat ini?
 Jawabannya
Tidak Harus.
Setiap ada peralatan baru dengan segala manfaat yang ditawarkannya, tentu membuat kita tertarik untuk meningkatkan hasil foto kita. Hal tersebut tidak lah salah. Akan tetapi alat tetap lah alat. Artinya alat merupakan media pembantu untuk menghasilkan foto lebih baik lagi. Namun sering kali juga setelah membeli alat tersebut, hasil foto tidak selalu maksimal.

Hal yang penting adalah bukan seberapa banyak alat yang kita pergunakan untuk menghasilkan foto yang berkualitas, namun seberapa maksimal kita mengetahui kemampuan alat dan mempergunakannya. Sebaring lagi peralatan fotografi tidaklah selalu murah.

Jika kita menghasilkan foto bagus dengan peralatan yang banyak dan mewah itu wajar dan harus, namun jika kita menghasilkan foto bagus dengan peralatan terbatas, itu luar biasa. Saya pernah bertanya-tanya, kenapa orang dulu bisa menghasilkan dengan kamera compact pocket yang masih mempergunakan klise dan system kerja manual cukup bagus menghasilkan foto, sedangkan dengan kamera era digital terkalahkan dengan hasilnya.

Pada dasarnya adalah kemampuan dan teknik (skill) kita harus lebih banyak daripada kemampuan yang dimiliki oleh alat fotografi.

No comments:

Post a Comment

Recent

[3][recent][recent][Recent]

Popular Posts

Advertise

340x300