August 18, 2015

Angle dalam Fotografi

Angle merupakan pengetahuan dasar yang menjadi prinsip dasar dalam fotografi. Penguasaan "angle" dalam fotografi akan membantu mempermudah fotografer untuk menentukan dan mendapatkan foto yang unik dan berbeda dari biasanya. Angle fotografi bisa memberi kesan tersendiri terhadap foto yang dihasilkan.

Secara umum angle fotografi terbagi 5 :

1. Eye Level

Eye level adalah sudut pengambilan (angle) yang posisi kamera sejajar dengan objek foto. Hasil foto dari sudut ini menampilkan objek foto yang berada pada garis horizontal (datar) dengan kamera.

Title : Blue Flowers

Credits : Guest
Source : http://www.wallpaperup.com

2. Frog Level

Frog level atau angle tingkat sudut pandang katak merupakan sudut pengambilan dari sebuah objek dengan menggunakan sudut terendahnya. Sudut pengambilan ini layaknya cara pandang katak yang mengarah ke atas. Kamera berada dibagian bawah objek mengarah diagonal kepada objek foto.

Frog Level Angle

Title : Building Reflection

Credits : Calimero
Source : http://www.wallpaperup.com

3. Bird Level

Bird level atau angle burung merupakan sudut pengambilan foto dengan menggunakan sudut pandang yang tinggi. Sudut ini mengarahkan kamera ke arah bawah dan memberi kesan luas serta banyak terhadap objek-objek foto apabila pengambilannya dari jarak yang cukup jauh. Jika pengambilan dengan menggunakan bird level pada objek foto tunggal sangat memungkinkan terjadinya distorsi objek.

Bird Level

Title : Saorge France Mountain Village Buildings Houses

Credits : The Gates
Source : http://www.wallpaperup.com

4. Vertical Up Level

Vertical Up level merupakan sudut pengambilan objek dari bawah ke atas dengan tegak. Foto yang dihasilkan akan menampilkan objek foto yang didominasi oleh bagian bawahnya. Angle Vertical Up Level memiliki sudut pengambilan sekitar atau hampir 90 derajat. Berikut salah satu contoh foto karya Hans Wilschut dari sebuah sudut kota di Hongkong, China.

Vertical Up Angle

Title : Vertical Corner

Credits : Hans Wilschut
Source : http://www.hanswilschut.com/en/

5. Vertical Down Level

Vertical Down level merupakan sudut pengambilan objek berlawanan dengan vertical up yaitu dari atas ke bawah dengan tegak. Sebagian besar dari objek foto yang ditampilkan merupakan bagian atasnya lebih mendominasi. Berikut salah satu contoh foto yang menggunakan angle dari vertical down level

Vertical Down Level Angle

Title : Boy from Above

Credits : Flickr Lickr
Source : https://en.wikipedia.org/wiki/High-angle_shot

No comments:

Post a Comment

Recent

[3][recent][recent][Recent]

Popular Posts

Advertise

340x300